Category: blog, writing tips
28 May 2014,
 3

Menulis komedi romantis nggak segampang kedengarannya. Memang sih, ada teknik-teknik tersendiri untuk menulis buat genre ini, tapi tetap saja naluri melucu itu menentukan sekali. Makanya, beberapa penulis yang—irinya…—dianugerahi kemampuan berkomedi yang oke gampang-gampang saja membuat adegan lucu di novelnya. Sedangkan sebagian penulis lagi kadang-kadang harus bekerja sedikit lebih keras demi membuat pembacanya terhibur.

 

Tips kali ini sama sekali nggak bermaksud mengajari bagaimana caranya melucu (puh-leez, emangnya gue Jerry Seinfeld?!), tapi justru untuk mengasah naluri kita sebagai penulis komedi romantis supaya bisa menulis dengan lebih baik. Apa aja tuh tips-tipsnya?

 

PERSIAPKAN DIRIMU SEBAGAI PENULIS KOMEDI ROMANTIS

Sebelumnya, kenali dulu jenis humor yang membuatmu tertawa. Apakah kamu penyuka komedi slapstik macam Opera Van Java? Penggemar komedi situasional macam Friends? Joke dingin dan kadang sarkastis macam The Office? Atau malah komedi cerdas dan kaya one liner seperti Seinfeld?

 

Dengan mengenali selera humormu, kamu pun bisa tahu sebenarnya mampu nggak sih menulis novel komedi. Penyuka slapstik dan komedi one liner lebih cocok untuk menulis buku komedi. Bukan berarti nggak mampu menulis komedi romantis lho, hanya saja di genre komedi naluri melucu kamu jauh lebih optimal digunakannya. 🙂

 

SLAPSTICK: YES OR NO?

Slapstick is the lowest form of comedy. Bukan berarti di dalam genre komedi romantis, yang seperti ini nggak ada lho. Tapi saranku sih sebaiknya dimininalisir untuk mempertahankan ambience romantis di novel kamu.

 

DIALOG DAN KARAKTER

Komedi romantis menggabungkan dialog yang mengalir dan background karakter. Bisa dimulai dengan hal-hal yang dianggap salah oleh si karakter. Celetukan-celetukan refleks dari si karakter bisa jadi sesuatu yang menarik karena terjadinya pun secara mendadak. Makanya, sebagai penulis, kamu perlu menyiapkan setup adegan yang kemungkinan besar menyebabkan dialog intens dan lucu dari karakter dengan lawan bicaranya.

 

Meski begitu, satu hal yang perlu kamu sadar adalah: ini novel komedi romantis. Pembaca nggak meneruskan membaca novelmu untuk tertawa saja, tetapi juga untuk menikmati plot romantis antartokohnya. Jadi, sebisa mungkin, joke-joke yang kamu buat memang matching dengan situasi dan sebisa mungkin hindari percakapan yang OOT hanya karena pengen ada punchline joke-nya.

 

DOSIS KOMEDI DAN DOSIS ROMANTIS

Sebagai penulis, harusnya kamu sadar bahwa tujuan utama novel kamu ini adalah BERCERITA, bukan untuk membuat tertawa. Karenanya, penting untuk menjaga keseimbangan elemen komedi dan elemen romantis ini. Misalnya, di karakter. Karakter novel yang baik adalah karakter yang memiliki ‘nyawa’. Jadi, meskipun sehari-harinya mereka terlihat konyol pun, tokoh-tokoh ini tetap lebih suka dianggap serius oleh sekitarnya. Tokohmu tetap harus punya tujuan (dalam hal ini, ada hubungannya dengan konflik utama dan plot cerita). Mereka memiliki hal-hal yang disuka dan dibenci. Kalau si tokoh hanya dilihat pembaca dari sisi komikalnya saja, sadar ataupun tidak pembaca akan mulai meragukan kemampuannya sebagai tokoh yang bisa romantis—nggak peduli seberapa desperate kamu mengatakannya di dalam novel.

 

ADEGAN

Pada prakteknya, karakter komedi romantis nggak melulu harus dibuat selucu mungkin. Siapkan setup adegan yang akan mereka alami saja. Semakin ironis, semakin banyak kecanggungan dan line-line komedi yang bisa kamu pikirkan.

 

Misalnya: tokoh A dan tokoh B nggak pernah akur. Bisa kebayang kan gimana situasinya kalau A dan B dipaksa harus berduaan saja di satu tempat, misalnya.

 

GIVE YOURSELF A BREAK

Menulis komedi romantis nggak berarti kamu harus LUCU di setiap halamannya. Kadang-kadang, membuat pembaca tersenyum kecil saja sudah cukup.

 

Nah, kalau kamu sendiri gimana? Seperti apa caramu membuat pembaca tertawa?

3 responses on “MENULIS NOVEL KOMEDI ROMANTIS (Romantic Comedy)

  1. Elvira says:

    Cool!! Boleh dong ditambahin contoh punch line romcom yg bikin melting gitu, hehehehe~

    http://www.elvirafirdaaa.wordpress.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *