Category: blog, writing tips
8 January 2016,
 49

badboy

WRITING GUIDELINES

  1. Sesuai namanya, tokoh utama novel jenis ini adalah bad boy. Harap jangan menyempitkan maknanya jadi sekadar tokoh cowok yang bertingkah dan bertutur cool. Bad boy dalam konsep ini bisa juga berarti karakter laki-laki yang biasanya diwanti-wanti supaya jangan didekati. Laki-laki dengan backstory kelam, bisa jadi berupa rahasia bisa juga catatan kejahatan. Misalnya: mantan narapidana yang bertemu lagi dengan mantan kekasihnya (tema plot: second chance).
  2. Umur karakter utama menentukan logika berpikir terkait plot cerita. Misalnya: karakter twentysomething terbilang wajar terlihat galau dan plin-plan, sebaliknya karakter yang berada di usia empat puluhan punya kecenderungan tenang dan tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan.
  3. Kemarahan, kecemburuan, dan kesedihan berperan besar di dalam plot.
  4. Kamu bisa berpedoman pada prinsip dasar plot klasik: Greek Tragedy. Penceritanya membuat alasan kuat sehingga karakter utama sulit dibuat bersatu.
  5. Karena logika sebab akibat berperan penting untuk membuat plot tertata rapi, sangat disarankan sebelum menulis kamu sudah punya ide untuk ending. Jangan dipikirkan belakangan.
  6. Hindari godaan membuat tokoh utamamu sempurna. Yang sempurna biasanya sulit mendapatkan empati dari pembaca.
  7. Tipikal kisah cinta subgenre ini mengambil prinsip β€˜big love affair.’ Libatkan orang-orang di sekitar karakter utama untuk membantu atau malah merintangi mereka mencapai tujuan yang diinginkan.
  8. Bad boy romance pada umumnya menggunakan tipe bittersweet ending. Misalnya: karakter bad boy terbukti selalu ada di sisi karakter perempuan dalam segala situasi, bahagia maupun sedih. Termasuk ketika masa-masa terakhir ayahnya sebelum menyerah pada penyakit kanker yang diidapnya. Sepeninggal beliau, karakter bad body berjanji akan menggantikan ayahnya melindungi si karakter perempuan. Momen terharu lamaran, si karakter perempuan pun bilang iya.
  9. Hindari merancang karakter antagonis yang hitam-putih. Perlakukan dia seperti caramu merancang karakter utama; buat motif setiap perbuatannya terasa manusiawi dan entah bagaimana bisa membuat pembaca β€˜mengerti’ arah pikirannya meskipun tidak setuju dengan cara si karakter antagonis bersikap.

 

Beberapa referensi BAD BOY ROMANCE:

  1. Rule by Jay Crownover
  2. The Edge Of Never by J.A. Redmerski
  3. A Walk To Remember by Nicholas Sparks
  4. Hopeless by Coleen Hoover

49 responses on “BAD BOY ROMANCE

  1. renata says:

    DL nya ada kah?

  2. Kurniati Rahayuni says:

    Deadline-nya kapan ya?

  3. diniaryay says:

    Deadlinenya kapan ya?

  4. admin says:

    to all: ini masuk naskah reguler twigora. jadi deadline-nya bebas.

  5. Ang says:

    Halo πŸ™‚
    Sekedar memastikan.. apa adegan semi dewasa boleh ditampilkan?

  6. dee m says:

    Up min. Kalau naskah fantasy romance, dengan unsur romance yang lebih dominan boleh diikutsertakan gak? Intinya si tokoh tetap gak melenceng dari karakternya yang badboy. Hanya tempat, asal atau beberapa unsur lain digambarkan secara fantasy…

  7. Ay says:

    Admin, ini nanti POVnya harus dr si bad boy bukan? Atau boleh pakai POV 3?

  8. Taurean says:

    Admin, saya sudah coba upload naskah dari web ini langsung tapi gak bisa. Makanya langsung coba by email. Moga diterima ya ^^

  9. Ela says:

    Admin, mohon pencerahannya, saya sedikit bingung dan keliru mengenai pengiriman naskah reguler dan lomba. Kebetulan saya punya dua naskah novel bertemakan Bad Boy (belum pernah published), dan keduanya memiliki target pembaca 25-35 tahun dengan panjang naskah 40000 kata lebih, dan hampir selesai dikerjakan. Nah, pertanyaan saya, apakah boleh saya mengirimkan satu naskah novel untuk diikutkan dalam lomba #SAS2BADBOY dan satunya lagi diikutkan dalam novel reguler (tidak ada deadline)?
    Dimohon penjelasannya ya, terima kasih.

    • admin says:

      bisa aja. kan admin gampang membedakan mana yg dikirim untuk lomba (via e-mail) dan mana yang dikirim sebagai naskah reguler (via form website). semoga jawaban ini membantu ya!

  10. Anonim says:

    Admin, kebanyakan novel yg betemakan bad boy kan agak sedikit vulgar, min.. buat lomba yg tema bad boy ini apa ya boleh memakai kalimat yang sedikit vulgar juga?

    • admin says:

      kata siapa? a walk to remember-nya nicholas sparks hanya ada adegan ciuman saja. kamu kali yang kebetulan baca yg seksi-seksi. πŸ˜€

  11. Cell says:

    Min dalam plotnya bisa masukin adegan semi vulgar?
    Kayak di novel2nya bang christian simamora yg CO2, MNSL sama TOMB??
    Saya bru mau mulai nih min, baru proses susun outline hehe…

  12. Switz Rahayu says:

    Tokoh utamanya diharuskan cewek atau cowok Min??Trimz πŸ™‚ atas jawabannya..

  13. yan says:

    ga harus happy ending kan?

  14. V says:

    Min, kalau yg reguler rewardnya apa? Adakah juara2 ?

  15. shinta says:

    apakah blh sad ending?

  16. Emma Kay says:

    Min… kok detail fontnya beda nih… disini bilangnya Times New Roman 12 tapi di Fanpage dikasi tau Calibri. Mana yg bener yaa?

  17. Tata says:

    Min setting yang buat SAS2 itu bebas ga? Misal dia orang indonesia tp tinggal di luar nergeri gitu

  18. lifah says:

    min, mau tanya,kalau misalnya karakternya masih sma cocok buat sasaran pembaca gak ya? atau sebenarnya terserah sipenulis? maaf lagi bingung πŸ™‚
    terimakasih πŸ™‚

  19. iean says:

    kirain 4-5ribu kata, huahahaha, padahal udah mau selesai. TERNYATA…

  20. Janet says:

    Min, ini dikirim naskah lgkp atau cuma ringkasann?

  21. YsNiafania says:

    Hai minn, aku mau nanya nih kalau tokohnya org luar negri dan setting luar boleh? Thanks mimin

  22. Shiwen says:

    Min, kebetulan aku memang nulis tema bad boy. Bahkan ada 4 tokoh dengan 4 cerita yang berbeda. Semacam kek series gt2, bukan cerita bersambung tapi ada hubungannya.
    Boleh kirim empat2nya? hehe

  23. MoiYulie says:

    min mau tanya ini yang ikut sertanya umum kan yah? semisalnya pernah di publish di media lainnya boleh di ikut sertakan tapii sebagian besar di rombak gitu apa boleh ??? terimakasih.

  24. bobby says:

    aku baru mulai nih min…..:-(:-(

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *